CerMi Diskusi Tugas 8

Ini sambungan CerMi diskusi boleh buat disundul-sundul nih

Discussion Postings

ProfileFrom Muhammad Rizaldy Fitrah @ 30 Oct, 4:41 pm (22 days ago)

Terima kasih pak atas wawasannya  pada kesempatan kali ini. Setelah membaca habit # 1 Konsep Proaktif, pemahaman saya : ……


Bersikap proaktif adalah lebih dari sekadar mengambil inisiatif. Bersikap proaktif artinya bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri (di masa lalu, di masa sekarang, maupun di masa mendatang). Orang-orang proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan dan memilih untuk tidak menjadi korban, untuk tidak BERSIKAP REAKTIF, dan yg paling penting : untuk tidak menyalahkan orang lain. 

 

Jadilah proaktif yang menjadi kendali seseorang terhadap lingkungan dibanding situasi sekeliling yang mengendalikanmu.”

Salah satu contoh bahasa reaktif “ia membuat saya begitu marah.”

Kalimat di atas menandakan bahwa emosimu tidak berada dalam kontrol dirimu. Emosimu mampu dikendalikan oleh orang lain. Seharusnya, bersikap proaktif dengan berkata, “Saya mengendalikan perasaan saya sendiri.”

 

________jaDi, intinya____________

YUK! bersikap proaktif, agar si situasi keliling tidak mengendalikan dirimu


ProfileFrom Muhammad Rizaldy Fitrah @ 30 Oct, 4:42 pm (22 days ago)

Monggo kita berdiskusi

Profile From Endang Suryana @ 2 Nov, 6:52 pm (19 days ago)

Pemikiran dan ulasan yang bagus Zal, kita  juga bisa dapat pengalaman dari rekan kita yang lain di semester lalu bisa dibaca DISINI

Good respons……Zal keep spirit

ProfileFrom Adi Lestarianto Wibowo @ 3 Nov, 7:25 pm (18 days ago)

Wih… link cermi yang bagus, pak!

Pemahaman tentang proaktif tercermin jelas dalam cermi ini… tanggung jawab yang berkaitan dengan proaktif ini yang terkadang agak kita lupakan dalam penerapan proaktif.

Salut.

ProfileFrom Cahyo Anggoro Seto @ 6 Nov, 5:17 pm (15 days ago)

wah cermi yang bagus dari bimo, terima kasih untuk sharenya pak

ProfileFrom anjelika anjelika @ 6 Nov, 5:32 pm (15 days ago)

ya benar zal Orang-orang yang proaktif adalah orang-orang yang mau dan mampu memilih perilaku, mau bergerak dan berubah.

ProfileFrom Adi Lestarianto Wibowo @ 3 Nov, 9:12 pm (18 days ago)

Setuju, proaktif tidak hanya sekedar mengambil inisiatif, lantas biarkan berjalan apa adanya. Tanggung jawab terhadap inisiatif juga jangan dilupakan, sebab pada saat kita mengambil tindakan atau keputusan berdasarkan inisiatif, maka kita juga harus bertanggungjawab terhadap apa yang menjadi keputusan atau tindakan kita. Sebab Itu adalah konsekuensi dari sebuah inisiatif. Namun jangan pulalah hal tersebut membuat kita menjadi tidak berani untuk mengambil inisiatif, karena tanggungjawab tersebut sebenarnya adalah pelajaran yang berharga bagi kita. Dengan bertanggung jawab terhadap hal-hal yang timbul akibat inisiatif kita akan membuat kita mengetahui benar-tidaknya keputusan atau tindakan yang kita lakukan, dan apabila memang salah hal ini dapat menjadi pelajaran agar kedepannya kita dapat mengambil langkah yang lebih tepat dalam membuat sebuah keputusan.

Jadi, tetap ambil inisiatif dan selalu bertanggungjawab terhadap hasilnya. Ini akan menjadikan kita sebagai orang yang proaktif.

Btw… kalimat “korban” kok agak sadis ya? xD

Sepertinya pas kalau “korban” diganti dengan “orang-orang yang terbawa perubahan” atau “orang-orang yang hanya mengikuti”, tipe-tipe dengan kebiasaan reaktif maksudnya. 😛

Just  a suggestion… 😛

Profile From Endang Suryana @ 5 Nov, 5:35 pm (16 days ago)

Korban…..? He….he…he iya Adi kata ini jadi bergantung konteks nya. Pilihan kata (Diksi) “korban” bisa menjadi berbagai makna, baik secara leksikal maupun gramatikalnya (wuiiiih harus belajar lagi Bahasa Indon neh….he…he…he). Tapi saya sepakat dengan Adi Diksi “korban” pada pernyataan Rizal ini merujuk sebagai subjek bukan objek yaitu “orang-orang yang terbawa perubahan” atau “orang-orang yang hanya mengikuti”, tipe-tipe dengan kebiasaan reaktif. Konkritnya……saya rela berkorban jiwa dan raga untuk negara ini demi utuhnya NKRI…..wuuuiiiih hebat kan?! tapi saya tidak mau dikorbankan dan jadi korban hanya untuk kepentingan “kamu” semata…he…he…he.

Ok lanjuuut terus diskusinya yah.

ProfileFrom anjelika anjelika @ 6 Nov, 3:41 pm (15 days ago)

ya bang adi bener sekali menurut saya orang-orang proaktif itu orang tidak mau diam dengan keadaan yg dialaminya sekarang,,dia lebih suka bergerak.

ProfileFrom Cahyo Anggoro Seto @ 6 Nov, 5:20 pm (15 days ago)

Betul sekali mas adi, tanggung jawab sangat diperlukan pada setiap perbuatan yang kita lakukan. Selain kita menjadi pribadi yang proaktif, dengan bertanggung jawab kita juga dapat menjadi pribadi yang dipercaya. Pendapat yang sangat baik dari Mas Adi

ProfileFrom Muhammad Rizaldy Fitrah @ 6 Nov, 8:35 pm (15 days ago)

Wih sorry baru respon. Terima kasih semua ya komentarnya. Masukan yang sangat bagus. Saya doakan semoga semua menjadi pro aktif, aaamiiin

ProfileFrom Adi Lestarianto Wibowo @ 3 Nov, 6:53 pm (18 days ago)

Karakter (character) adalah gabungan dari kebiasaan-kebiasaan (habits) kita.

Kebiasaan muncul dari pengetahuan (knowledge), keahlian-keahlian (skills) yang kita dapatkan dan/atau miliki, dan keinginan (desire).

Membuat diri kita menjadi seseorang dengan 7 kebiasaan efektif seperti yang dikatakan oleh Covey: selalu proaktif; memulai sesuatu dengan beracuan pada tujuan; mendahulukan apa yang seharusnya dilakukan terlebih dahulu; selalu berpikir dalam konsep win-win; berusaha untuk memahami pihak lain terlebih dahulu sebelum meminta untuk dipahami; selalu bersinergi; dan selalu mengasah kemampuan pribadi, membutuhkan adanya perubahan pada karakter kita yang tentunya tidaklah akan mudah namun tetap dimungkinkan dan dapat dilakukan.

Kunci yang saya dapatkan dari artikel Covey mengenai habit pertama, proaktif, dapat dan mungkin untuk dilakukan apabila kita memiliki prinsip dan integritas untuk melakukannya,. Tidak hanya proaktif, kebiasaan-kebiasaan efektif Covey dapat kita jadikan habit apabila kita berpegang teguh pada prinsip dan selalu memegang integritas diri terhadap komitmen kita untuk terus menerapkan 7 kebiasaan-kebiasaan efektif Covey, tentunya juga bertanggungjawab terhadap keputusan yang diambil berdasarkan komitmen kita.

Pada prinsipnya apabila kita mau dan mampu untuk bertanggungjawab terhadap keputusan kita, maka apabila terdapat kesalahan pada keputusan yang kita ambil, hal ini dapat kita jadikan sebagai pelajaran dan dasar untuk membuat komitmen baru yang membawa kita ke arah kemenangan pribadi. Otomatis nantinya ini pun akan menjadi kebiasaan pribadi kita, dan akan membawa kita menjadi orang yang selalu efektif.

ProfileFrom Adi Lestarianto Wibowo @ 3 Nov, 7:37 pm (18 days ago)

Maaf… post sempat saya edit karena tidak memperhatikan kalau bahasan hanya sebatas habit pertama, proaktif. xD

Lanjut diskusinya… mohon tanggapan dan arahannya agar saya dapat mengetahui apabila ada kesalahan dalam pemahaman yang saya dapatkan.

Trims.

ProfileFrom Muhammad Rizaldy Fitrah @ 6 Nov, 8:40 pm (15 days ago)

Wadaw, posting yang sangat bagus. Inimah nilainya bukan A+ lagi, tapi S xixixi. And so, agar pak adi terus menerapkan konsep PRO-AKTIF, bisa selalu mantau di sini ya

ProfileFrom anjelika anjelika @ 6 Nov, 3:28 pm (15 days ago)

Terima kasih Pak,untuk artikel ini saya sudah baca bagi saya

Be proactive

jadilah proaktifyang menjadi kendali seseorang terhadap lingkungan dibanding situasi sekelilingmu yang mengendalikanmu.

Kata ini lebih daripada hanya sekedar mengambil inisiatif. Kata ini berarti bahwa sebagai manusia, kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri.Perilaku kita adalah fungsi dari keputusan kita,bukan kondisi kita. Kita mempunyai inisiatif dan tanggung jawab untuk membuat segala sesuatunya terjadi.menjadi proaktif berarti kita bertanggung jawab dengan apa yang kita pilih.

Orang-orang yang proaktif adalah orang-orang yang mau dan mampu memlih perilaku, mau bergerak dan berubah. Kita tidak hanya dapat diam dan menyalahkan kondisi atas keuangan kita pada orang lain: orang tua kita, pasangan kita, saudara-saudara kita, tempat kerja kita dan lain sebagainya. Jika saat ini pendapatan kita dirasa kurang cukup, bukan berarti kita harus menyalahkan perusahaan kita, atau bisnis kita. Orang yang bersikap proaktif akan memikirkan bagaimana cara meningkatkan pendapatan? Bagaimana cara mengelola keuangan agar dapat membeli tujuan-tujuan keuangannya dan lain sebagainya.

Ciri-ciri orang proaktif adalah bahasa yang mereka gunakan. Seorang proaktif akan menggunakan kata-kata seperti saya mau, saya bisa, saya akan, saya mampu, saya lebih memilih dan lainnya.

ini adalah sedikit penjelasan saya tentang “Be proactive”

ProfileFrom Cahyo Anggoro Seto @ 6 Nov, 5:22 pm (15 days ago)

setuju dengan mba anjelika, pribadi proaktif akan mampu menghadapi segala permasalahan. dan tentu akan mencari solusi dari setiap permasalahan.

Ia akan selalu mengatakan saya bisa, saya akan, saya mampu. Karna pribadi yang pro aktif, akan selalu mencoba mengatasi segala permasalahan sebelum menyerah. Terima kasih atas pencerahannya mba anjelika

ProfileFrom Adi Lestarianto Wibowo @ 6 Nov, 7:43 pm (15 days ago)

Daleeeeem… Setuju, neng. Saya mau, saya bisa, saya akan, saya mampu… kesemuanya adalah inisiatif. Inisiatif dari diri kita disertai dengan tanggung jawab (jangan lupa) yang akan menggerakkan kita dari orang reaktif menjadi orang yang proaktif. Kamu lulus… eh kok jadi saya yang ngasih nilai.

ProfileFrom Muhammad Rizaldy Fitrah @ 6 Nov, 8:44 pm (15 days ago)

Sangat luar biasa. Dengan diberikan contoh kehidupan sehari – hari. Tapi saya masih agak kurang paham nih sama ini “Perilaku kita adalah fungsi dari keputusan kita,bukan kondisi kita” hehe. Lanjut, biar terus istiqomah menjadi PRO-AKTIF-ER, pantau terus di sini ya

Profile From Endang Suryana

Iya Zal jika mau disederhanakan kalimat itu adalah……..jangan hanya menyerahkan hidup (kita) ini dengan mengatasnamakan “NASIB”….. Yah sudah nasib dah apa boleh buat…..!! Jika itu terjadi itulah kita berada dalam kondisi “give up”  tanpa ada tindak lanjut lagi ini berbeda dengan yang Rizal katakan Istiqomah atau berpasrah keduanya itu selalu akan memunculkan proses yang berkelanjutan (sustainable)…….so namanya “fungsi dari keputusan kita” itu kata kuncinya adalah “senantiasa berkelanjutan” dengan membuat dan mengambil keputusan-keputusan terbaiknya……..asal jangan menghalalkan segala cara aja yah……he….he…he
Ini contoh pendapat dari “Adek Chandra”  mengena juga sih pendapatnya tentang proaktifnya……Secara umum, proaktif adalah sikap seseorang yang mampu mengenali kesempatan dan memanfaatkannya sehingga menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik. Orang dengan sikap proaktif tidak sekedar bereaksi terhadap berbagai keadaan tetapi memiliki inisiatif untuk melakukan aksi terhadap perubahan.

ProfileFrom Cahyo Anggoro Seto @ 6 Nov, 5:16 pm (15 days ago)

Pemahaman saya mengenai konsep PROAKTIF dari stephen Covey adalah :

Kepribadian proaktif adalah kepribadian yang cenderung berinisiatif, berani bertindak, dan tekun hingga berhasil mencapai perubahan yang diinginkan. Seorang pribadi proaktif menciptakan perubahan positif dalam lingkungan tanpa memedulikan batasan atau halangan.

Dan menurut saya, hampir setiap pemimpin memliki pribadi proaktif ini. Karna kepribadian ini mampu mempengaruhi dan memberikan dampak postif terhadap lingkungan disekitarnya.

ProfileFrom Adi Lestarianto Wibowo @ 6 Nov, 8:06 pm (15 days ago)

Lhaaa! Tanggung jawabnya lupa dimasukkan…

ProfileFrom Adi Lestarianto Wibowo @ 6 Nov, 8:07 pm (15 days ago)

Lhaaa! Tanggung jawabnya lupa dimasukkan… Ini penting loh. Terutama karena kang Cahyo menyebutkan, “Seorang pribadi proaktif menciptakan perubahan positif dalam lingkungan tanpa memedulikan batasan atau halangan.” Ini lingkupnya besar lho. Pada saat kita membicarakan perubahan positif dalam masyarakat, biasanya ada saja yang akan menjadi korban. Contoh, pembersihan sisi jalan dari pedagang kaki lima. Ini hal yang positif bagi masyarakat, tapi bagi para pedagang kaki lima yang hidupnya mungkin hanya bergantung pada dagangannya apakah ini suatu hal yang positif bagi mereka? Tanggung jawab terhadap inisiatifmu lah yang juga akan membuat kamu memikirkan akibat dan solusi untuk memecahkan efek yang ditimbulkan oleh tindakan atau keputusanmu. Terutama apabila tindakan atau keputusan yang diambil tidak memedulikan batasan atau halangan. Begitu mungkin kira-kira ya? Pendapat pribadi aja sih…

ProfileFrom Muhammad Rizaldy Fitrah @ 6 Nov, 8:46 pm (15 days ago)

Bisa dijabarkan om cahyo dampak positifnya apa aja tuh hehe. Next, biar tetap istiqomah saya konsep ini, pantau terus di sini ya

ProfileFrom Chandra Abianto @ 6 Nov, 11:37 pm (15 days ago)

Proaktif adalah suatu sikap untuk bertanggung jawab atas hidup diri kita sendiri. Hidup yang kita jalani berasal dari berbagai macam bentuk keputusan yang kita buat dan kita sebagai manusia juga punya tanggung jawab dan berbagai inisiatif untuk membuat segalanya terjadi.

ProfileFrom Chandra Abianto @ 6 Nov, 11:38 pm (15 days ago)

Secara umum, proaktif adalah sikap seseorang yang mampu mengenali kesempatan dan memanfaatkannya sehingga menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik. Orang dengan sikap proaktif tidak sekedar bereaksi terhadap berbagai keadaan tetapi memiliki inisiatif untuk melakukan aksi terhadap perubahan.

ProfileFrom Chandra Abianto @ 6 Nov, 11:39 pm (15 days ago)

Contohnya sikap yang ditunjukkan oleh para aktivis lingkungan hidup untuk membersihkan sampai di sungai. Ini merupakan sikap proaktif untuk menjaga lingkungan agar sampah tidak menumpuk di sungai yang dapat menyebabkan banjir. Lain halnya dengan orang yang bersikap reaktif, ketika banjir sudah terjadi barulah berkoar-koar menyalahkan berbagai pihak seperti pemerintah yang tidak tanggap atau masyarakat yang sembarangan membuang sampah.

ProfileFrom Chandra Abianto @ 6 Nov, 11:41 pm (15 days ago)

Sikap proaktif seseorang dapat dilihat dari perilakunya. Yang pertama orang proaktif memiliki rasa tanggung jawab. Mereka tidak mudah menyalahkan orang lain atas suatu kejadian tetapi lebih memilih bertanggung jawab dan mencari solusi atas permasalahan.

ProfileFrom Chandra Abianto @ 6 Nov, 11:41 pm (15 days ago)

Kedua, orang proaktif lebih fokus bekerja dan berusaha agar dapat melakukan perubahan dalam ruang lingkup yang lebih luas sehingga dampak perubahan itu juga lebih besar.

ProfileFrom Chandra Abianto @ 6 Nov, 11:42 pm (15 days ago)

Ketiga, orang proaktif melakukan perubahan dimulai dari dirinya sendiri dengan melakukan instropeksi diri apakah yang dia lakukan sudah benar atau tidak. Baru kemudian memperluas perubahan kepada orang-orang di sekitarnya.

ProfileFrom Chandra Abianto @ 6 Nov, 11:43 pm (15 days ago)

Keempat, orang proaktif memiliki prinsip-prinsip yang ia anggap benar. Prinsip itulah yang ia terjemahkan ke dalam bentuk nilai-nilai yang akan mengarahkan sikap dan perilakunya sehingga setiap sikap dan perilakunya selalu berpegang pada prinsip yang ia anut.. Dan yang terakhir, orang proaktif berupaya mengoptimalkan apa yang ada dalam dirinya yaitu yang disebut dengan empat anugerah unik yang hanya dimiliki manusia yaitu kesadaran diri, hati nurani, imajinasi kreatif, dan kebebasan kehendak.

 

Posted in

Article written by

Tak Ada Orang yang Terlalu Tua Untuk Belajar (Holbrook Jackson)

Orang bijak adalah dia yang hari ini mengerjakan apa yang orang bodoh akan mengerjakannya tiga hari kemudian. (Abdullah Ibnu Mubarak)

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.